Kucurkan Dana Rp 40,1 Milyar, Melong Segera Bebas Banjir

perbaikan drainase (ilustrasi)

CIMAHI. Merespon keluhan masyarakat Melong yang sering terkena banjir, Pemkot Cimahi segera bertindak berkordinasi dengan Pemprov Jabar. Kordinasi tersebut akhirnya menyepakati untuk mengucurkan dana sebesar Rp 40,1 Milyar agar banjir tidak lagi terjadi di kawasan Melong.

Walikota Cimahi Atty Suharti mengatakan penanganan banjir di kawasan Melong yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Bandung tersebut akan dilakukan komprehensif dengan memperhatikan kewenangan masing-masing agar banjir tak terulang. Penanganan banjir Melong selama ini tidak pernah tuntas karena tidak ada saluran air lanjutan. "Batas daerah dengan Kab. Bandung, kalau saluran air dibuka maka bisa mengakibatkan banjir di daerah lain. Makanya tidak bisa egosektoral untuk mengatasinya, Sesuai pembahasan bersama, Cimahi menangani daerah Cimahi. Alhamdulillah Pemprov Jabar dan pemerintah pusat ikut membantu," kata Wali Kota Cimahi Atty Suharti, 

Terus Bekerja, Maju Bersama

Atty menjelaskan dana tersebut akan digunakan untuk rehabilitasi Sungai Cilember dan Cibeureum masing-masing Rp 15 miliar, lalu penyediaan sumber air baku dan kolam retensi sebesar Rp 5 miliar. “Sudah ada detail engineering design (DED) untuk infrastruktur hingga perbatasan Melong. Begitu juga Kab. Bandung sebagai daerah yang berbatasan langsung. InsyaAllah setelah rehabilitasi ini selesai warga Melong tak akan lagi kebanjiran” jelasnya.


Sumber : Pikiran Rakyat
Share on Google Plus

About PKS KOTA CIMAHI

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment