Ada Perayu Ulung di Latansa Cimahi

Meminjam ungkapan syukur Hj.Siti Muntamah, S.A.P yang akrab disapa Ummi Siti bahwa nikmat itu bisa kita dapati tatkala tubuh harusnya dibakar teriknya matahari, tapi Allah Subhanah wa ta’ala naungkan banyak pepohonan tinggi, hingga yang terhantar kesejukan. Hingga lelah terusir pergi tergantikan semangat tingkat tinggi. Begitulah sedikit gambaran suasana hati Emak-Emak yang mengikuti acara Latansa DPD Kota Cimahi pada 2 September 2023 baru-baru ini.

Wahyu Widyatmoko, SH. sang Ketua DPD PKS Kota Cimahi sebelum resmi membuka acara, memberikan beberapa pesan. Diantaranya :

"Niatkan seiklas-iklasnya dalam berjuang utamanya di pertarungan 5 tahun sekali. Jangan pernah bergeser cita-cita dan tujuan, meski godaan demi godaan membuntuti.”

Lalu Mas Wiwid, panggilan akrab Widyatmoko mensitir Asbabun Nuzul Qur'an Surat Al-Anfal ayat 1 yang menjelaskan bahwa 

'Harta rampasan perang itu milik Allah Subhanah Wa Ta’ala dan Rasul Salallahu ‘alaihi Wasallam.'


Ayat ini sengaja diangkat sebagai ilustrasi bagaimana keiklasan harus dimaknai. Tergambar saat Perang Badar amat besar kecewa Sa’d bin Abi Waqqash ketika Pedang yang berhasil dia pakai membunuh musuh harus dikumpulkan dengan barang lain dari rampasan perang. Namun, dirinya harus tunduk keputusan pimpinan dalam hal ini Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam.

Bagi PKS yang menjunjung tinggi nilai-nilai Islam harus memaknainya bahwa Kader wajib patuh apa yang sudah diputuskan Pimpinan secara utuh. Insyaa Allah jika semua berpegang teguh pakem ini, PKS mampu raih kemenangan. Baik dalam pemilihan Walikota, Anggota Dewan termasuk Presiden nanti. Tak terkecuali siapapun pilihan Anies sebagai wakilnya  nanti.


Mantap, Man!

Diawal telah disinggung nama  Siti Muntamah. Kepalang jika tak memaparkan motivasinya yang membuat Emak-Emak merasa punya izzah. Betapa tidak? 

Dia mengingatkan bahwa keberadaan perempuan tak sekedar pelengkap. Perannya sangat penting baik di keluarga, masyarakat bahkan negara. Apalagi jika melirik data demografi, perempuan di Jabar 1, Bandung - Cimahi, DPT perempuan lebih banyak dari laki-laki. Ini bukti bahwa perempuan tak sekedar pelengkap, bahkan militansi perempuan nyatanya lebih tinggi dari laki-laki. Tak salah jika dikatakan perempuan itu penentu dikaitkan dengan pertarungan di tahun 2024 nanti. Selaku Ketua Ketahanan Keluarga PKS Jawa Barat dia memaparkan data, bahwa R.K.I (Rumah Keluarga Indonesia) PKS Jabar se-Indonesia paling besar, hingga mencapai 5.000 titik R.K.I.

Psst, mau tahu rahasianya? Ya karena terus dihempus semangat bahwa Perempuan  R.K.I itu Agent of Change

Terakhir istri alm. H. Oded M. Danial, S.A.P. mantan  Walikota Bandung atau yang akrab disapa Mang Oded,  menggaris bawahi jika perempuan itu Perayu Ulung. 

Lhah, masa iya? Peserta sempat tercenung. 

Lalu cepat-cepat Siti merujuk isi Al-Qur'an. Begitu piawainya Asiyah rayuan pada Fir'aun yang sudah memuncak kemarahannya pada Musa kecil, hingga batal membunuhnya. Begitu juga  Khadijah, dengan mendayu merayu Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam hingga reda gelisah saat awal terima wahyu dari Allah Subhanah wa Ta’ala.


Beralih ke pemateri yang tak kalah seru. Wawan Rusmawan, S.Sos.I. Anggota DPRD Kabupaten Bandung ini menandaskan pada seluruh peserta Latansa bahwa posisikan Latansa/Kembara (bagi laki-laki) sederajat dengan  UPA (Unit  Pembinaan Anggota) dan PPS (Pelatihan Peningkatan Spiritual). Wawan memberikan gambaran bahwa bekal yang diberikan di Latansa cukup padat. Semua materi bermuara pada bagaimana menghadapi ATHG=Ancaman, Tantangan, Hambatan, Gangguan. Disamping ada juga materi Kerelawanan yang dipersiapkan untuk mencetak tenaga trampil dalam menghadapi bencana alam.

Mengakhiri tulisan, sebagaimana terekam di artikel Latansa episode sebelumnya ada adegan kejutan. Dimana saat Ketua Kepanduan Cimahi Muhammad Khoyrul Mudzakir (Ruly) menyerahkan suvenir rangkaian uang kepada Ketua Bidang Kepanduan PKS DPW Jabar. Suvenir diterima digenggap sesaat, lalu  diterimakan kembali sebagai apresiasi atas sukses penyelenggaraan Latansa DPD Kota Cimahi.

Tepat jam 17 kembali Caleg DPRD  Kota Cimahi Wahyu Widyatmoko naik panggung untuk menutup resmi rentetan acara yang sudah digelar sejak jam 6 pagi.

Bravo Emak-Emak PKS Cimahi!


Frieda #JuruCatat


Share on Google Plus

About PKS Cimahi

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment